Iles-iles atau biasa dikenal dengan Porang (Amorphopallus muelleri) adalah tanaman penghasil ubi yang dapat dikonsumsi. Selain dapat dimakan Porang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini menjadikan keempat mahasiswa memilih untuk mengajarkan kepada warga masyarakat di lokasi KKNT yaitu di Desa Gera Dusun 3 dengan membudidayakan tanaman ini.

Keempat mahasiswa ini adalah Rintoanus Nong Panggo dari Prodi PKn, Ignasius Nong Mere dari Prodi Matematika, Agustinus Djami dan Simon Saka dari Prodi Ekonomi. Ketika ditanyakan motivasi memilih tanaman ini untuk dibudidayakan di desa Gera khususnya di Dusun 3 Wolokeu Rintoanus Nong Pangga mengungkapkan jika tanaman ini adalah tanaman yang menjanjikan bagi para petani selain bibit yg mudah didapat, perawatannya pun mudah namun memiliki nilai jual tinggi ketika dipasarkan. Selain itu, lanjutnya tanaman Porang juga bebas dari hama sehingga para petani tidak lagi hiruk pikuk mengeluarkan biaya untuk merawatnya seperti membeli pupuk dan obat penyemprot hama.

Simon Saro salah satu warga yang kebunnya dijadikan tempat budidaya tanaman ini mengaku senang ketika para mahasiswa membudidayakan tanaman Porang di Dusun 3 dan memilih kebunnya untuk ditanam tanaman Porang.

Tinggalkan Balasan