Memaksimalkan basis perkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) melakukan Darul Arqom Dasar (DAD) oleh pimpinan komisariat Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA serta Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora IKIP Muhammadiyah Maumere hari ini (24/12) telah menggelar kegiatan DAD dengan mengusung tema “Membangun Kader IMM yang Kritis, Idealis, dan Responsif”.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan terhitung dari hari ini sampai dengan 27 Desember 2020 bertempat di SMP Muhammadiyah Waipare.

Sabarudin Saputra Pimpinan Cabang IMM Kabupaten Sikka, menjelaskan  tujuan dari kegiatan DAD tersebut yaitu untuk terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah. Dalam sambutannya Ia mengajak 34 calon kader IMM yang mengikuti DAD bahwa melakukan sesuatu dari hal dari yang sederhana.

“Saya mengajak kader-kader baru yang nantinya bergabung bisa berjuang bersama IMM memperjuangkan dakwah Islam, memperjuangkan kepentingan rakyat ” ujar Sabar.

IMM sebagai organisasi perkaderan, harus menjadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai landasan dasar dalam bergerak, sebagaimana Muhammadiyah dengan tetap berijtihad dan menolak taqlid buta. Proses perkaderan dalam IMM dibangun dengan internalisasi nilai-nilai Ikatan dan Muhammadiyah kepada kader, sehingga kader memahami ranah gerak dan peran mereka sebagai inti dari organisasi. Untuk membangun Muhammadiyah abad ke-2 dan abad berikutnya, perkaderan IMM harus diarahkan kepada pembangunan generasi muda Muhammadiyah, agar tidak mengalami disorientasi perkaderan.

Abah Rasyid Wahab sebagai sesepuh Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Sikka. Beliau adalah saksi hidup bagaimana memperjuangkan Muhammadiyah di Nian Tana.

“Kader itu ibarat bingkai dari suatu foto, dan foto tersebut adalah berMuhammadiyah,” tambahnya.

Kegiatan ini pula dihadiri oleh Bapak Erwin Prasetyo, ST., M.Pd Wakil Rektor I IKIP Muhammadiyah Maumere, Zulkifli, S.Pd Ketua Bidang Riset dan Pengembangan DPD IMM NTT serta perwakilan dari Pemuda Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan